TV Mobil – Tips Memilih TV Mobil Yang Cocok

TV Mobil – Tips Memilih TV Mobil Yang Cocok

TV Mobil sudah menjadi semacam fitur yang harus dimiliki oleh para penggemar audio mobil, terutama mereka yang sering berkendara di daerah macet, di kota besar seperti Jakarta. TV mobil yang seperti apakah yang cocok untuk Anda? Berikut adalah beberapa pertimbangan sebelum membeli TV mobil:

1. Budget

Hal paling penting yang mendasari pemilihan sebuah headunit adalah berapa budget kita, tidak peduli apapun parameter lain yang akan kita bahas berikutnya, jika budget kita tidak cukup, maka kita akan skip head unit yang diluar daya beli kita.

2. Ukuran

Dalam audio mobil, terdapat 2 ukuran headunit. Yang pertama adalah single-din (1-DIN), dan double-din (2-DIN). Kebanyakan mobil yang memiliki HU dengan ukuran asli 2-DIN dapat lebih bebas menentukan pilihannya: boleh 1-din, atau tetap 2-din. Namun jika HU standar mobil anda adalah 1-din, maka hampir pasti Anda harus membeli HU dengan ukuran 1-DIN juga

3.Jenis-jenis 2 din headunit

a. 2 din universal Motorized ; disebut universal karna memang dibuat tidak untuk mobil yang spesifik, bisa digunakan di banyak jenis mobil, “Motorized” ; layar bisa turun naik, keping DVD/CD baru bisa dimasukin setelah layar diturunkan. Plus point : biasanya layar lebih besar, biasanya 7”. Minus point : – motorized jadi salah satu problem kerusakan jika layar terlalu sering turun naik. – Hasil pemasangan biasanya keliatan tidak serapi non motorized karna bagian panel layar akan lebih menonjol keluar.

b. 2 din universal “Celengan” ; sama dengan point “a”, dibuat untuk bisa digunakan pada banyak jenis mobil. Disebut celengan karna keping DVD/CD dapat langsung dimasukan ke dalam pemutar. Ada beberapa brand lokal yang sudah menggunakan kabel plug & play untuk model universal ini (mayoritas utk Toyota). Minus point : – Layar lebih kecil minimal 6”, maks. 6.95” tergantung design panel tombol. Plus point : – Biasanya lebih rapi setelah dipasang, panel layar tidak menonjol keluar.

c. 2 din “OEM-fit” ; headunit yang didesain khusus untuk mobil-mobil tertentu, sehingga terlihat seperti bawaan asli mobil, semua fitur yang berhubungan dengan headunit original mobil tidak boleh dikurangi / dihilangkan. Pemasangan plug & play, kondisi mobil tidak boleh dirubah, tidak potong kabel, tidak ada penggunaan bor, dll. Minus point : – Harga sedikit lebih mahal dibanding model universal. Plus point : – Hasil pemasangan akan sangat rapi, seperti bawaan asli mobil, kondisi mobil ( panel dashboard, kabel, breket, dll ) tidak ada yg dirusak.

4.Fitur

Fitur standart pada headunit adalah sebagai berikut dapat membaca berbagai media, CD, Video CD, DV player, MP3, WAV, WMA, CD-R, CD-RW, DVD-RW, WAV,AAC, Divix, Fitur Bluetooth untuk melakukan percakapan di dalam kendaraan, menggunakan teknologi jaringan nirkabel, untuk streaming lagu, Koneksi Iphone, Ipod, Built in Radio FM, AM, TV Tuner, Fasilitas Layar sentuh (touch screen) untuk menu akses pada homescreen, Built-in GPS untuk navigasi saat bepergian, Sensor kamera, untuk parkir, saat mobil mundur. Dapat dikoneksikan dengan TV Headrest monitor, untuk penumpang belakang. Android Conectivy, adalah teknologi terbaru, yang memungkinkan pengguna mengapliaksikan untuk koneksi dengan Smarphone, App Radio, dan dapat digunakan untuk internet. USB, SD Card, Micro SD untuk media penyimpan data, yang dapat digunakan ke dalam headunit ini. GPS Navigasi untuk memandu kita selama perjalanan, menggunakn satelit GPS, Teknologi Head unit kini semakin pesat perkembanganya. bukan hanya sebagai media hiburan semata, namun dapat digunakan untuk perangkat Safety.

Jika anda berencana untuk menambahkan Amplifier power eksternal atau ingin upgrade dengan amplifier untuk nanti, sebaiknya pilih ekternal audio RCA pre Out.

Kini Head unit banyak menghadirkan fitur terbaru seperti Bluetooth A2DP. serta dapat terhubung dengan Iphone/ Ipod, Android. Biasanya semakin banyak fitur semakin mahal harga yang ditawarkan.

Jangan lupa, sebisa mungkin carilah HU yang memiliki aux/line-in. Aux atau line-in ini adalah standar koneksi yang digunakan untuk sumber suara stereo. Selain itu, aux-in juga sangat bermanfaat untuk keperluan tuning dikemudian hari. Bluetooth dan konektivitas lain adalah nilai PLUS.

5. Konektivitas Output

Untuk keperluan pengembangan TV Mobil, maka sebaiknya kita memilih headunit yang memiliki output RCA untuk front, rear, subwoofer, center channel (untuk car theatre). Jika Anda berencana menggunakan rangkaian aktif, maka Anda harus mencari headunit yang juga memiliki output RCA terpilah per-driver nya.

Apakah tegangan pre-out penting? Ya, namun hingga level tertentu saja.HU dengan pre-out 2V atau lebih sudah sangat mencukupi untuk mencapai taraf SQ yang baik. Hati-hati dengan tegangan pre-out, karena besarnya tegangan ini harus match dengan amplifier yang Anda gunakan.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cart
Your cart is currently empty.